You are here
Home > Alamat

Alamat merupakan tempat lokasi sebuah bangunan, rumah di sebuah negara, kota, kabupaten serta kelurahan. Alamat menunjukan lokasi bangunan, mudah di temukan. Penggunaan alamat sangat membantu pencarian sebuah bangunan.

Alamat Bangunan

Alamat merupakan tempat dimana lokasi sebuah usaha atau jasa berkedudukan yang dapat di kunjungi. Alamat  terdiri dari nama jalan, no bangunan, kelurahan, kecamatan, kabupaten dan kota serta provinsi dan kode pos. Alamat di Indonesia di sertai dengan kode pos yang mudah di ketahui di lengkapi dengan nama kelurahan. Contoh: Jalan Brigjend Katamso no. 439 C Sei Mati Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara, ID 20159. Alamat bisa saja terjadi kesamaan pada beberapa daerah yang berbeda.

Alamat sangat berguna pada setiap kebutuhan manusia. Seperti pada penunjukan lokasi rumah, sebagai tujuan surat menyurat. Alamat di atur oleh pemerintahan setempat. Mulai dari pemberian nama pada sebuah lokasi dinamakan alamat. Pemberian no rumah yang sesuai data, pembagian rt dan rw yang di atur dengan baik untuk memudahkan pada pencarian.



Fungsi Alamat:

  1. Sebagai lokasi kedudukan dari sebuah bangunan atau usaha atau jasa atau rumah
  2. Menunjukan lokasi keberadaan dengan mudah
  3. Sebagai tujuan lokasi pengiriman baik barang maupun surat
  4. Di kategori kan menurut penyusunan secara ketentuan pada pemerintahan

Ciri-Ciri Alamat Lengkap:

  • Memiliki nama jalan yang lengkap
  • Memiliki nama kelurahan
  • Memiliki nama kecamatan
  • Memiliki nama kabupaten
  • Memiliki nama kota
  • Memiliki nama provinsi
  • Memiliki kode pos

Kode pos yang di sertakan pada alamat di muatkan menurut peraturan yang di berikan atau di atur oleh pemerintahan setempat. Pengenalan kode pos pada setiap alamat biasanya digunakan pada saat melakukan surat menyurat. Kode pos sebuah alamat  dapat di peroleh dari kantor informasi pemerintahan setempat atau melalui kantor pos pengiriman barang.

Mengenal Alamat pada Tingkat Provinsi:

Alamat pada tingkat provinsi sangat sederhana dengan mudah di ketahui. Pada umumnya, provinsi di bawah pada sebuah Negara yang terdiri dari beberapa provinsi. Jika di Negara seperti Amerika Serikat ada istilah Negara bagian. Di Indonesia, mengenal alamat pada tingkat provinsi terlebih dahulu menentukan Negara  dan kota. Contoh: Jalan Sudirman no. 17 Kota Jakarta, ID 10002. Pada alamat ini tidak wajib membutuhkan kabupaten, kelurahan maupun rt dan rw. Disebabkan ketika posisi sebuah bangunan atau rumah berada di pusat kota.

Mengenal Alamat pada Tingkat Kabupaten:

Pada tingkat kabupaten hampir sama dengan provinsi. Namun, pada di lengkapi nama kabupaten. Biasanya lokasi kedudukan sebuah bangunan atau rumah berada di pusat kota dari sebuah kabupaten. Contoh: Jalan Sudirman No. 17 Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia.

Baca juga Artikel: Telepon



Mengenal Alamat Pada tingkat Kecamatan

Alamat pada tingkat kecamatan yang di tentukan dari sebuah kabupaten. Dari kabupaten terdiri dari beberapa kecamatan. Biasanya lokasi sebuah bangunan atau rumah pada tingkat kecamatan ini terletak di kota atau di desa di sebuah kecamatan. Contoh: Jalan Sudirman No. 17 Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan Sumatera Utara, ID 20159

Mengenal Alamat Pada Tingkat Kelurahan

Mengenal alamat pada tingkat kelurahan yang secara lengkap. Pada umumnya lokasi sebuah bangunan atau rumah berada di sebuah kelurahan atau sebuah gang. Contoh: Jalan Sudirman no. 17 rt/rw 01/01 Kel. Sei Mati, Medan Maimun, Kota Medan Sumatera Utara Indonesia, ID 20159. Ketika sebuah rumah berada di kelurahan, pasti akan di gunakan rt/rw untuk mengetahui lorong atau gang lebih jelas dan mudah di temukan.

Top